FAQ

* Wajib militer adalah wajib menjadi militer.

* Komcad aspek SDM adalah warga negara nirmiliter/sipil yang memenuhi syarat  dilatih dasar kemiliteran dan diorganisir dengan status tetap sipil. Pada saat digunakan melalui mobilisasi baru berubah menjadi kombatan/milter.

* Pembangunan alutsista TNI dan peningkatan kesejahteraan telah dilaksanakan secara bertahap dan berkesinambungan oleh pemerintah. Hal ini bisa dilihat didalam perencanaan strategi yang telah dibuat oleh Kemhan (MEF dan Remunerasi). Di sisi lain  bangsa Indnesia perlu mempersiapkan dan mewujudkan sistem pertahanan negara yang bersifat semesta yang dilaksanakan secara bertahap dan simultan dengan pembanguan komponen utama (TNI).

* Perkembangan lingkungan strategi mengindikasikan bahwa saat ini dan kedepan eskalasi ancaman bergerak dengan sangat cepat dari yang bersifat potensial ke faktual , di masa lalu ancaman dapat dipetakan dari utara atau dari selatan dari barat atau dari timur. Namun saat ini ancaman bersifat multidimensi yang sulit diprediksi.

* Bangsa Indonesia dikaruniai bentuk dan letak geografi maupun sumber kekayaan alam yang melimpah. Cepat atau lambat dalam rangka mendapatkan sumber daya energi maupun sumber daya alam lainnya untuk kepentingan nasional suatu bangsa akan berbenturan dengan kepentingan nasional bangsa Indonesia. Dengan demikian cepat atau lambat dapat diperkirakan akan munculnya ancaman terhadap keutuhan wilayah, pengakan kedaulatan negara dan keselamatan bangsa.

* Oleh karena itu bangsa Indonesia perlu segera mewujudkan sistem pertahanan negara yang kuat bersifat kesemestaan dengan memadukan kekuatan milter dan nirmiliter.

* Seleksi untuk menjadi anggota komcad mencakup persyaratan umum dan persyaran kompetensi. Dengan menetapkan aspek fisik dan psikis (idiologi Pancasila dan loyalitas kepad NKRI). Materi pelatihan meliputi peningkatan kesadraran bela nefara, latihan dasar kemiliteran, agar memiliki jiwa nasionalime dan patriotisme yang tinggi.

* Tidak semua warga negara diwajibkan menjadi komcad.

* Bagi warga negara yang memenuhi kritera dan telah lulus seleksi untuk menjadi komcad jika menolak tanpa alas an yang sah dapat dikenakan sanksi.

* Bagi warga negara yang secara sukarela mendaftarkan diri dan lulus seleksi, bila tanpa alasan yang sah mengundurkan diri akan dapat dikenakan sanksi.